• image01

    Face

    Recognition

  • image02

    Object

    Recognition

  • image03

    Face

    Identification

  • image04

    Hand Gesture

    Recognition

  • image05

    QR & Barcode

    Scanner

Monday, April 13, 2015

Tutorial OpenCV 1: Install & Rebuild


   Sebelum memulai tutorial OpenCV, saya rasa lebih baik kalau saya berikan dulu tutorial tentang cara integrasi OpenCV dengan Visual Studio 2012. Dalam tutorial ini saya menggunakan visual studio 2012 pro yang saya dapatkan secara gratis di situs dreamspark milik Microsoft. Sementara OpenCV yang saya gunakan adalah versi 2.4.9. Karena laptop saya memiliki grafis nVidia maka saya juga membutuhkan CUDA Toolkit 6.5.14.

   Nah, singkatnya, software yang perlu kita persiapkan adalah:
  1. OpenCV 2.4.9 (yang versi terbaru harus didukung dengan Visual Studio 2015 atau 2017)
  2. Visual Studio 2012 professional (2013 juga nggak apa-apa, kalau 2010 sepertinya tidak ada di situs dreamspark)
  3. CUDA Toolkit 6.5 (bagi yang laptopnya punya grafis nVidia saja)
  4. Cmake 3.1

Perhatian!
Gunakan software yang sesuai, jika salah satu software terlalu up to date, kemungkinan instalasi akan gagal.

   Kira-kira penampakan ikon-ikonnya seperti berikut:



   Pertama, instal software 1 sampai 3, terserah mau diinstal di mana. Bagi yang tidak punya nVidia, gak perlu install CUDA. Sekedar mengingatkan sekaligus memberitahu bagi yang belum tahu, penggunaan nVidia dapat mempercepat proses pengolahan gambar dalam program nantinya. Hasil eksperimen saya untuk program tanpa nVidia sekitar 2 fps, tapi pakai nVidia bisa 30 fps. Bisa dibayangkan kan, film yang harusnya 30 gambar per detik cuma ditampilkan 2 gambar per detik? Slomo banget...


   Kedua, ekstrak cmake dan jalankan “cmake-gui.exe”. Klik “Browse Source...” dan cari folder tempat instalasi OpenCV, biasanya ada di “C:/opencv/sources”. Lalu bagian bawahnya isi dengan “c:/opencv”. Terus klik “Configure”, pilih “Visual Studio 11 2012” dan klik finish. Jika masih ada yang berwarna merah, klik “Configure” lagi sampai tidak ada yang berwarna merah. Jangan lupa mencentang “BUILD_EXAMPLES” untuk mendapatkan contoh program opencv dalam berbagai bahasa pemrograman. Jika sudah klik “Generate”.





Perhatian!
Untuk mengantisipasi error, isi pilihan CUDA_GENERATION yang sesuai. Misal untuk Geforce 520 adalah Fermi. Lebih lengkapnya cari di google.


   Ketiga, buka file “C:/opencv/install/OpenCV.sln” dan tunggu beberapa saat sampai loading selesai. Setelah loading selesai, klik “Debug” (toolbar di atas, ada di bawah menu POSTSHARP), pilih Debug (nanti diulangi untuk Release). Lalu pada “Solution Explorer” klik kanan “ALL_BUILD” dan klik menu “Build”. Proses ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, bisa 1 atau 2 jam. Jadi sementara menunggu sobat bisa lihat-lihat dulu isi file “C:\opencv\build\doc\opencv_tutorials.pdf”. Jika proses sudah selesai, sobat bisa mengulangi lagi langkah ketiga ini untuk yang Release.


   Keempat, buka folder “C:\opencv\install\install”. Di dalam folder tersebut ada 2 folder yang kita butuhkan, yaitu “include” dan “x86”. Selain itu, juga ada folder “C:\opencv\install\bin” yang berisi “Debug” dan “Release”. Folder install dan bin ini adalah yang kita perlukan, sedangkan folder lain yang berada dalam “C:\opencv\install” bisa dihapus agar tidak memenuhi harddisk.

Kelima, klik kanan “MyComputer”, klik “Properties” – “Advanced System Settings” – “Environment Variables...”. Pada bagian "System variables", cari "Path", lalu klik "Edit...", tambahkan

  • ;c:\opencv\install\install\x86\vc11\bin;
lalu klik OK. Jika sobat menggunakan Visual Studio 2013, maka ganti “vc11” dengan “vc12”.



0 comments:

Post a Comment

Populer

Kategori

Jumlah Pemirsa

Powered by Blogger.
Tutorial OpenCV © 2018 Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates

This Template is Customized by: HDQ Basith Studio ©2018